Hampir semua pebisnis mengerti pentingnya digital marketing
atau pemasaran digital bagi kesuksesan mereka. Dibutuhkan perencanaan yang
terstruktur agar Anda dan pebisnis lainnya tak terjatuh dalam kesalahan yang
sama ketika melakukan digital marketing.
Pelajari langkah-langkah berikut sebelum memulai kampanye
digital marketing untuk bisnis Anda :
1. Perhatikan Bisnis
Anda Secara Keseluruhan
Walaupun Anda menyukai bisnis yang Anda lakukan, coba agar
tetap jujur ketika melihatnya secara keseluruhan. Pelaksanaan digital marketing
yang berhasil terjadi dengan perbaikan pada setiap aspek bisnis Anda. Lihat
lebih dalam dan coba menerima jika memang masih ada produk atau layanan yang
buruk dan perbaiki kesalahannya.
2. Sempurnakan Layanan
Pelanggan Anda
Ulas interaksi antara Anda dan pelanggan di website dan
sosial media, baik melalui komentar, email ataupun panggilan telepon. Walaupun
bisnis atau merek Anda sudah dikenal banyak orang, pastikan layanan pelanggan
Anda terlaksana dengan sangat baik. Dengan demikian proses digital marketing
hingga ke transaksi akan terlaksana dengan lancar.
3. Periksa Penjualan dan
Pemasaran
Berasal dari mana konsumen dan penjualan Anda ? Apakah
mereka datang dari platform online atau malah offline ? Tahukah Anda ada berapa
banyak kunjungan website yang diperlukan sebelum akhirnya menghasilkan lead
(prospek) pada website Anda ? Selain itu, ada berapa lead yang menjadi
konsumen?
Jika Anda susah untuk mencari semua jawaban tersebut maka
Anda bisa memanfaatkan Google Analytics.
4. Pahami Konsumen Anda
Untuk memasarkan bisnis Anda secara efektif, Anda perlu
memahami orang-orang yang membutuhkan produk atau jasa Anda berikut dengan
alasan mengapa mereka harus memilih Anda.
Berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika membuat profil pelanggan :
· Apa tantangan dan masalah yang dihadapi konsumen Anda
sehingga bisa dibantu oleh produk atau jasa Anda ?
· Kira-kira, apa pertanyaan yang akan mereka ajukan mengenai
produk Anda sehingga mampu mendorong terjadinya transaksi ?
· Faktor apa yang mendorong mereka melakukan transaksi ?
· Dimana mereka mendapatkan informasi yang akan mendorong
mereka melakukan transaksi ?
· Apa yang bisa Anda lakukan dengan nilai lebih dibandingkan
dengan pesaing Anda ?
5. Sadari Apa Yang Ingin
Anda Capai
Satu hal yang pasti adalah Anda ingin mencapai kesuksesan
saat ini juga, namun bagaimana caranya dan kapan Anda bisa melakukannya ?
Rencanakan tujuan utama Anda dengan terstruktur sehingga berdampak besar bagi
perkembangan bisnis Anda di masa depan.
6. Ukur Sumber Daya yang
Anda Miliki
Hal ini bukan berarti Anda harus menghitung jumlah produk
yang tersimpan di gudang, melainkan persediaan pemasaran Anda.
· Konten : Brosur, katalog, newsletter, video dan sarana
pemasaran lainnya.
· Keahlian dan bakat : Lihat para karyawan Anda, apakah ada
pribadi yang cocok untuk mengerjakan proyek digital marketing ? Data mereka
yang mampu menulis, mengedit dan mendesain karena mereka adalah aset Anda.
· Waktu : Apakah ada seseorang dalam tim Anda yang
berkompeten namun tidak memiliki banyak waktu untuk mengerjakan semua pekerjaan
? Jika tidak, cobalah untuk menyerahkan sebagian tugas ke orang lain agar orang
tersebut bisa fokus untuk mengerjakan tugas utamanya.
7. Edukasi Diri Anda
Sendiri
Biar bagaimanapun juga Anda tetap membutuhkan pengetahuan
mengenai pemasaran. Coba baca dan pelajari dasar-dasar pemasaran dari berbagai
sumber seperti buku atau blog. Lihat mana saja strategi yang dapat dijalankan
dengan baik sebelum memulai pemasaran Anda.
Sumber : https://www.progresstech.co.id
0 komentar:
Posting Komentar