1. Jadi, apa itu digital
marketing?
Sebelumnya mari kita bahas lebih lanjut mengenai makna
digital marketing. Jadi pemasaran digital ini adalah suatu proses yang
bertujuan untuk mempromosikan produk atau layanan menggunakan media atau
platform digital supaya dapat menjangkau konsumen kapan saja, dimana saja, dan
secara personal. Jadi, mau konsumen di ujung dunia sekalipun, cara promosi satu
ini masih bisa dilakukan.
2. Nah, digital marketer
adalah orang-orang yang “bergerak” di dalamnya
Dari namanya saja sudah bisa diketahui kalau orang-orang
yang profesinya digital marketer atau pemasar digital ini adalah mereka yang
bertanggungjawab terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan pemasaran dan
branding secara online. Mereka lah yang memikirkan mulai dari Search Engine
Optimization (SEO), Search Engine Marketing, media sosial, konten marketing,
dan semua yang berkaitan di dalamnya. Proses yang mereka lalui tidak mudah.
Belum lagi mereka juga dituntut menguasai teknik yang cukup kompleks. Tak heran
kalau profesi ini bisa menghasilkan untung melimpah.
3. Digital marketer dibagi
lagi menjadi beberapa profesi
Pada umumnya, seseorang yang bertugas menangani pekerjaan
yang bergerak di bidang digital marketing ini disebut sebagai Digital Marketing
Strategist. Apa saja tugas atau job desk mereka? Berikut ini pembagiannya
secara garis besar:
a. Digital Strategist :
tugasnya memikirkan konsep dan ide kampanye di ranah digital
b. Social Media Strategist :
setelah ide campaign disepakati, selanjutnya Social Media Strategist akan
membuat konsep dan rancangan distribusi konten campaign tersebut di media
sosial
c. Social Media Specialist :
setelah konten campaign tersebar, Social Media Specialist bekerja untuk
memelihara dan meningkatkan engagement pelanggan melalui penyampaian
konten-konten menarik dan inspiratif di media sosial
d. SEO Specialist : kalau ini
bertugas mengoptimasi serta meningkatkan ranking website di mesin pencari
seperti Google
4. Sebelum menjadi digital
marketer, seseorang perlu menguasai beberapa skill
Yang pertama perlu diperhatikan adalah skill menggunakan
teknologi. Bagaimana seseorang bisa menjadi digital marketer handal kalau dia
saja gaptek atau gagap teknologi? Maka yang harus kamu perhatikan dulu jika
ingin menjadi digital marketer adalah perkembangan teknologi. Pastikan kamu
selalu mengikuti tiap ada inovasi tebaru soal teknologi, termasuk berbagai
aplikasi dan media sosial. Tahu saja tidak cukup. Kamu juga perlu menguasai
berbagai tools atau fitur yang dibawa masing-masing platform. Ada juga tools khusus digital marketing yang tidak boleh
ketinggalan kamu pelajari, seperti Google Analytics, Google Adwords, Facebook
Ads, Twitter Ads, Hootsuite, dan lain-lain.
Nah, itu dia serba-serbi profesi digital marketer yang
perlu kamu pahami, terutama jika kamu ingin melanjutkan karir di bidang ini.
Mungkin bagi sebagian orang terasa sulit, tapi jika gigih mempelajarinya, bukan
tidak mungkin kamu menjadi digital marketer handal. [sumber : aidianetwork.com]
0 komentar:
Posting Komentar